Bimtek Optimalisasi Pelayanan Pindah Datang AntarDaerah melalui Aplikasi e-Office

Pelayanan pendaftaran penduduk adalah hal yang paling disororti oleh masyarakat dari Dinas Dukcapil. Dibandingkan dengan pelayanan pencatatan sipil, frekuensi penduduk yang menggunakan layanan ini jauh lebih banyak setiap harinya. Pasalnya pelayanan pendaftaran penduduk merekam segala bentuk peristiwa kependudukan yang kejadiannya tentu lebih sering daripada peristiwa penting yang dicatat oleh pencatatan sipil. Maka dari itu apabila pelayanan ini terhambat, kepuasan masyarakat terhadap kinerja Dinas Dukcapil pun akan menurun. Oleh karenanya diperlukan performa yang mumpuni dari aparatur pelayanan pendaftaran penduduk di Dinas Dukcapil.

Biro Tata Pemerintahan melalui Bagian Bina Admindukcapil menilai isu tersebut begitu relevan untuk diangkat dalam bimbingan teknis (bimtek) pendaftaran penduduk. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk fasilitasi Biro Tata Pemerintahan selaku pengampu urusan admindukcapil tingkat provinsi kepada aparatur Disdukcapil Kabupaten/Kota. Bimtek diselenggarakan pada Rabu (16/11) dengan mendatangkan narasumber dari Direktorat Pendaftaran Penduduk Ditjen Dukcapil Kemendagri. Sebagai peserta bimtek, diundang aparatur pendaftaran penduduk dari Disdukcapil Kabupaten/Kota se-DIY yang terdiri atas pejabat struktural dan operator SIAK. Bimbingan teknis berlangsung lancar dengan partisipasi aktif baik dari peserta maupun narasumber.

Bimtek Pendaftaran Penduduk kali ini mengangkat tema "Optimalisasi Pelayanan Pindah Datang AntarDaerah melalui Aplikasi e-Office". Materi yang dibahas sangat menarik yaitu: pelayanan pindah-datang penduduk, pelayanan pendaftaran penduduk orang asing dan penggunaan aplikasi e-Office pendaftaran penduduk. Harapannya dengan dilaksanakan bimtek ini, aparatur pelayanan pendaftaran penduduk dapat semakin paham mulai dari prosedur pelayanan, aturan dan kebijakan yang berlaku hingga penggunaan aplikasi. Tentunya hal tersebut akan semakin meningkatkan pelayanan pendaftaran penduduk di daerah. Dengan begitu penilaian masyarakat terhadap kinerja Disdukcapil semakin membaik.

#gisa
#gisabisa
#kependudukan
#dukcapil


Share

Comments ()