Rapat Kerja Monitoring dan Evaluasi Penyelenggaraan dan Pendistribusian Pindah Datang bagi Kalurahan se-Kulon Progo

Pada hari Rabu, 24 Juli 2024 telah terlaksana Rapat Kerja Monitoring dan Evaluasi Penyelenggaraan dan Pendistribusian Pindah Datang bagi Kalurahan se-Kulon Progo. Kegiatan ini diinisiasi oleh Biro Tata Pemerintahan Setda DIY bersama Dukcapil Kulon Progo, dengan menghadirkan  Ibu Ir. Aspiyah, M.Si. selaku Kepala Dukcapil Kulon Progo dan Bapak Dani Pristiwawan, S.P. selaku Ketua Paguyuban Lurah- Pamong Kabupaten Kulon Progo "Bodronoyo" sebagai narasumber.

Rapat Kerja ini dihadiri kurang lebih sebanyak 40 perwakilan kalurahan yang tersebar di wilayah Kulon Progo, sebagai sarana penyampaian aspirasi terkait masalah kependudukan. Dalam pendistribusian data penduduk pindah-datang, Dinas Dukcapil Kulon Progo  telah melakukan distribusi melalui kanal yang dapat diakses melalui jaringan tertutup untuk menjawab kendala yang ada di beberapa kalurahan terkait proses pendistribusian dan pencatatan pindah datang penduduk karena kebebasan keluar-masuk daerah dan kurangnya peran masyarakat dalam melaporkan kepindahannya ke dukuh / lurah. Selain itu, kegiatan ini menjadi wadah Biro Tata Pemerintahan Setda DIY dan Dukcapil untuk menerima masukan terkait isu Adminduk. Saran dan masukan untuk mengatasi kendala tersebut antara lain melalui peningkatan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya melaporkan pindah datang, masukan untuk dibuat jadwal khusus untuk pelayanan adminduk di Kalurahan, serta penguatan kerjasama antara kalurahan dengan Dukcapil Kulon Progo.

Data kependudukan yang akurat dan terkini penting untuk perencanaan pembangunan, pemberian layanan publik dan pengambilan keputusan yang tepat. Oleh karena itu, diharapkan data kependudukan dapat digunakan secara bijak dan dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan publik, tidak hanya di Kabupaten Kulon Progo saja, tetapi penting untuk diadaptasi oleh seluruh Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta.


Share

Comments ()