Gambaran Umum

Susunan organisasi Biro Tata Pemerintahan, terdiri atas:

1. Kepala Biro

2. Bagian Pemerintahan Umum

    Mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pengoordinasian, pembinaan, fasilitasi, pemantauan dan pengevaluasian penyelenggaraan pemerintahan umum, ketenteraman dan ketertiban umum serta pelindungan masyarakat untuk meningkatkan persentase rumusan bahan kebijakan pemerintahan umum dan penataan wilayah. Terdiri atas:

    a. Subbagian Tata Praja

        Mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pengoordinasian, pembinaan, fasilitasi, pemantauan dan pengevaluasian penyelenggaraan tatapraja, ketenteraman dan ketertiban umum, pelindungan masyarakat, dan kesatuan bangsa dan politik.

    b. Subbagian Bina Administrasi Kewilayahan

        Mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pengoordinasian, pembinaan, fasilitasi, pemantauan dan pengevaluasian penyelenggaraan administrasi kewilayahan.

3. Bagian Otonomi Daerah dan Kerja Sama Dalam Negeri

    Mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pengoordinasian, pembinaan, fasilitasi, pemantauan dan pengevaluasian penyelenggaraan pemerintahan daerah dan kerjasama dalam negeri untuk meningkatkan persentase rumusan bahan kebijakan penyelenggaraan otonomi daerah dan kerja sama, terdiri atas:

    a. Subbagian Otonomi Daerah

        Mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pengoordinasian, pembinaan, fasilitasi, pemantauan, dan pengevaluasian penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah.

    b. Subbagian Kerja Sama Dalam Negeri

        Mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pengoordinasian, pembinaan, fasilitasi, pemantauan dan pengevaluasian penyelenggaraan kerjasama dalam negeri.

4. Bagian Bina Pemerintahan Kalurahan/ Kelurahan dan Kapanewon/ Kemantren

    Mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pengoordinasian, pembinaan, fasilitasi, pemantauan, dan pengevaluasian penyelenggaraan pemerintahan Kalurahan/ Kelurahan dan Kapanewon/ Kemantren serta ketatausahaan Biro untuk meningkatkan persentase desa tertinggal yang memiliki pola pengelolaan keuangan yang baik, terdiri atas:

    a. Subbagian Pengembangan Kapasitas Pemerintahan Kalurahan/ Kelurahan dan Kapanewon/ Kemantren

        Mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pengoordinasian, pembinaan, fasilitasi, pemantauan, dan pengevaluasian aparatur Pemerintahan Kalurahan/Kelurahan dan Kapanewon/Kemantren.

    b. Subbagian Bina Administrasi Pemerintahan Kalurahan/Kelurahan dan Kapanewon/ Kemantren

        Mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pengoordinasian, pembinaan, fasilitasi, pemantauan, dan pengevaluasian penyelenggaraan penataan dan administrasi Pemerintahan Kalurahan/Kelurahan dan Kapanewon/Kemantren.

    c. Subbagian Tata Usaha

        Mempunyai tugas menyelenggarakan ketatausahaan Biro.

5. Bagian Bina Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil

    Mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pengoordinasian, pembinaan, fasilitasi, pemantauan dan pengevaluasian penyelenggaraan administrasi kependudukan untuk meningkatkan persentase kepemilikan dokumen penting administrasi kependudukan (KTP Elektronik, Akta Kelahiran Anak, Akta Kematian). Terdiri atas:

    a. Subbagian Bina Pendaftaran Penduduk

        Mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pengoordinasian, pembinaan, fasilitasi, pemantauan, dan pengevaluasian penyelenggaraan pendaftaran penduduk.

    b. Subbagian Bina Pencatatan Sipil

        Mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pengoordinasian, pembinaan, fasilitasi, pemantauan, dan pengevaluasian penyelenggaraan pencatatan sipil.

    c. Subbagian Bina Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data

        Mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pengoordinasian, pembinaan, fasilitasi, pemantauan dan pengevaluasian pengelolaan informasi administrasi kependudukan dan pelayanan pemanfaatan data kependudukan.

Comments ()