Pemerintah Daerah DIY

Biro Tata Pemerintahan Setda DIY

Get Adobe Flash player

Tugas Subbagian Bina Pendaftaran Pendudukan dan Pencatatan Sipil :

Menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pengoordinasian, pembinaan, fasilitasi, pemantauan dan pengevaluasian penyelenggaraan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.


Fungsi Subbagian Bina Pendaftaran Pendudukan dan Pencatatan Sipil :

a. penyusunan program kerja Subbagian Bina Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;

b. fasilitasi dan koordinasi pelaksanaan pemantauan terhadap kepemilikan identitas penduduk;

c. penyiapan bahan dan fasilitasi pelaksanaan kerja sama bidang pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil;

d. fasilitasi dan koordinasi pelaksanaan pendataan orang asing pemegang izin tinggal tetap dan pemegang izin tinggal terbatas;

e. fasilitasi dan koordinasi penanganan permasalahan pendaftaran penduduk dan penduduk rentan;

f. fasilitasi dan koordinasi penyelenggaraan Kartu Identitas Anak;

g. fasilitasi dan koordinasi penanganan permasalahan pelaksanaan pencatatan peristiwa penting di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia;

h. fasilitasi dan koordinasi pendataan penduduk non permanen;

i. fasilitasi pelaksanaan pindah/datang penduduk antar negara;

j. fasilitasi penerbitan surat keterangan pemulangan jenazah/kerangka/abu orang asing;

k. peningkatan kapasitas sumber daya manusia penyelenggara pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil;

l. fasilitasi dan koordinasi penyelenggaraan pelayanan pencatatan peristiwa penting dan peristiwa kependudukan;

m. pemantauan, evaluasi dan supervisi penyelenggaraan bidang pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil;

n. pelaksanaan pemantauan, evaluasi, dan penyusunan laporan Subbagian Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil; dan

o. pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsi Biro.


Pergub DIY No. 53 Tahun 2018 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi, Dan Tata Kerja SEKRETARIAT DAERAH